Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris Menjalankan Misi Pendidikan Lintas Batas Asia Tenggara

Program SEA Teacher adalah program pertukaran guru antar negara ASEAN yang bertujuan untuk memperkuat integrasi regional dan memperluas kesempatan bagi mahasiswa dan guru untuk meningkatkan pengalaman akademik dan professional. Mahasiswa jurusan pendidikan dapat mengajukan diri untuk mengajar di Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah di negara ASEAN lainnya, termasuk di Filipina. Mereka ditempatkan di sekolah untuk mengajar selama sekitar satu bulan.

Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman mengajar di luar negeri, meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris, dan memperluas wawasan budaya mereka. Hal ini juga memberikan manfaat bagi sekolah tempat mereka mengajar, dengan memperkenalkan siswa-siswa mereka pada budaya dan bahasa dari negara-negara ASEAN lainnya. Program SEA Teacher dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Filipina dan didukung oleh Pemerintah Filipina dan Pemerintah ASEAN. Para mahasiswa yang berhasil mengikuti program ini akan mendapatkan sertifikat dan pengalaman yang berharga dalam bidang pendidikan.

Pada Gelombang pertama bulan Oktober-Nopember 2023, dua mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa Inggris mendapatkan kesempatan terlibat dalam program ini. Kemudian, pada gelombang kedua diikuti oleh tiga mahasiswa pada bulan Nopember-Desember 2023. Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Selfiana Priscila Mbadi, S.Pd., M.Ed. turut mengunjungi para mahasiswa di Filipina serta mengikuti kegiatan Southeast ASIA Student Mobility and Advance Technology Metaverse Summit yang menghasilkan terjadi penanda-tanganan rencana kerja sama (Framework of Cooperation) antara Universitas Nusa Cendana dan beberapa Universitas di Filipina, di antaranya adalah Iloilo State University of Fisheries dan Mariano Marcos State University. Total keseluruhan universitas yang menanda-tangani rencana kerja sama tersebut bersama UNDANA adalah 6 (enam) universitas dari Filipina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *