Sejak awal berdiri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang cabang Kupang. Namun demkian sejak tanggal 1 September 1962 IKIP Malang cabang Kupang melebur ke Universitas Nusa Cendana menjadi Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bergabungnya IKIP ke dalam Universitas Nusa Cendana berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 1962 tanggal 28 Agustus 1962. Keputusan ini diperkuat dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 1963, Berdasarkan surat keputusan ini, maka sejak Tahun 1964, IKIP Malang cabang Kupang bergabung dengan Universitas Nusa Cendana dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Undana.

Dalam perkembangannya, FKIP teridiri dari 8 jurusan, yaitu jurusan Pendidikan MIPA, Jurusan Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ilmu Pendidikan dan Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan serta Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Jurusan Pendidikan MIPA membawahi Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Kimia. Jurusan Ilmu Pendidikan meliputi program Studi Bimbingan Konseling, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program Studi Pendidikan Guru Anak  Usia Dini, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni teridiri dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan terdiri dari Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Bangunan. Sejak dibelakukan OTK yang baru, maka semua jurusan  dihapus. Program studi langsung dibawa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dengan demikian, saat ini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan teridiri dari 18 program studi, yaitu Program studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila dan Kewrganegaraan, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Teknik Mesin, Penddikan Teknik Bangunan dan Pendidikan Teknik Elektro. 

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan salah satu Program Studi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program Studi ini dibuka dengan Surat Keputusan Pembukaan Program Studi dengan Nomor 100/DKTI/KEP/1984 Tanggal 21 Agustus 1984 dan ditandatangani oleh Sukadji Ranuwihardjo. Program studi Pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi B oleh BAN-PT dengan SK BAN-PT Nomor 506/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2015. Jumlah mahasiswa aktif sampai tahun 2019 sebanyak 964 orang dan merupakan jumlah mahasiswa terbanyak dibandingkan dengan program studi lainnya di lingkungan FKIP Undana. Jumlah dosen tetap PNS sebanyak 22 orang, 1 dosen kontrak dan 4 dosen luar biasa. Program Studi memiliki 3 orang guru besar, yaitu Prof. Drs. Josua Bire, MA, M.Ed, Ph.D; Prof. Dr. Fransiskus Bustan, M.Lib, dan Prof. Drs. Tans Feliks, M.Ed, Pd.D. Program studi ini menyumbang 42,9% guru besar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana.